Candi Roro Jonggrang, Kisah Rakyat atau Fakta Sejarah?

Candi Roro Jonggrang, Kisah Rakyat atau Fakta Sejarah?

Candi Roro Jonggrang: Kisah Rakyat atau Fakta Sejarah?

Candi Roro Jonggrang, Kisah Rakyat atau Fakta Sejarah?

Candi Roro Jonggrang merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Candi ini dibangun oleh Rakai Pikatan, Raja Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-9 Masehi, Kisah Candi Roro Jonggrang.

Candi Roro Jonggrang juga dikenal dengan kisah rakyatnya yang melegenda. Dalam kisah tersebut, diceritakan bahwa Candi Roro Jonggrang dibangun oleh Bandung Bondowoso dalam waktu satu malam.

 

Kisah Rakyat

rakyat Candi Roro Jonggrang menceritakan tentang seorang putri cantik bernama Roro Jonggrang yang dijodohkan oleh Bandung Bondowoso, seorang raksasa. Roro Jonggrang tidak menyukai Bandung Bondowoso dan meminta syarat yang mustahil untuk menikahinya.

Syarat tersebut adalah Bandung Bondowoso harus membangun seribu candi dalam waktu satu malam. Jika tidak, maka pernikahan tersebut akan dibatalkan.

Bandung Bondowoso setuju dengan syarat tersebut dan meminta bantuan pasukan jinnya untuk membangun candi. Namun, Roro Jonggrang berusaha menggagalkan pembangunan candi tersebut dengan meminta bantuan dayang-dayangnya untuk menabuh lesung dan membakar jerami.

Para jin mengira bahwa pagi hari telah tiba dan mereka pun pergi. Bandung Bondowoso yang mengetahui hal tersebut pun marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca batu.

 

Fakta Sejarah

Dari segi historis, Candi Roro Jonggrang dibangun oleh Rakai Pikatan, Raja Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-9 Masehi. Pembangunan candi ini membutuhkan waktu yang lama, diperkirakan sekitar 20 tahun.

Hal ini dibuktikan dengan adanya temuan berbagai data otentik dan peninggalannya. Contohnya temuan Prasasti Siwargha yang menceritakan kronologis pembangunan Candi Roro Jonggrang.

 

Dari kedua versi tersebut, dapat disimpulkan bahwa kisah pembangunan dalam waktu satu malam merupakan cerita rakyat yang tidak bisa dibenarkan secara historis.

Namun, kisah tersebut tetaplah penting untuk dilestarikan sebagai salah satu warisan budaya Indonesia.

Jika anda ingin pindahan, kunjungi website kami di pilartransport.com atau hubungi customer service kami di 0811 2585 820 untuk informasi lebih lanjut dan memesan layanan pindahan Anda.

Kelebihan tinggal di apartemen The Springlake View Kota Bekasi

 

 

@pilartransport

Masakkan sentuhan tradisi di dapur Anda dengan resep Gudeg Nangka yang lezat ini! 🍽️✨ Rasa autentik Yogyakarta dalam satu gigitan. #GudegNangkaMagic#TasteOfYogyakarta#CulinaryJourney #fyp #jasapindahan

♬ suara asli – Pilar Transport – Pilar Transport

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *