Masjid Termegah yang Memukau di Kota Jogja

Masjid Termegah yang Memukau di Kota Jogja

Masjid Termegah yang Memukau di Kota Jogja

Yogyakarta, kota budaya dan sejarah, tak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang indah, tetapi juga dengan berbagai masjid yang megah dan memukau. Masjid-masjid ini tak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjadi landmark kota dan destinasi wisata religi yang menarik untuk dikunjungi.

 

Berikut adalah 5 masjid termegah di Jogja yang wajib Anda kunjungi:

Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman merupakan masjid bersejarah yang didirikan pada tahun 1773. Masjid ini terletak di sebelah barat Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta dan memiliki gaya arsitektur Jawa yang kental. Keunikan masjid ini terletak pada pemasangan batu kali putih pada dindingnya yang tidak menggunakan semen, serta penggunaan kayu jati utuh berusia lebih dari 200 tahun sebagai penopang bangunan.

 

Masjid Soko Tunggal

Masjid Soko Tunggal yang terletak di dekat Taman Sari ini memiliki keunikan pada strukturnya yang hanya memiliki satu tiang penyangga utama. Masjid ini dibangun pada tahun 1972 dan sarat dengan makna filosofis. Empat batang saka bentung dan satu batang saka guru melambangkan Pancasila, sedangkan saka guru melambangkan sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa.

 

Masjid Suciati

Masjid Suciati di Sleman ini memiliki arsitektur yang mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah, dengan tambahan corak khas Jawa. Masjid ini memiliki sembilan pintu yang melambangkan Wali Songo dan lima menara yang melambangkan salat lima waktu. Bedug masjid ini terbuat dari kayu trembesi berusia lebih dari 100 tahun dan kulit kerbau jantan.

 

Masjid An Nurumi

Masjid An Nurumi di Kalasan ini terkenal dengan kubahnya yang berwarna-warni. Sembilan kubahnya melambangkan Wali Songo, sedangkan arsitekturnya terinspirasi dari Istana Kremlin di Rusia. Di dalam masjid terdapat lima rongga memanjang ke atas dengan ornamen kaligrafi bertuliskan asmaul khusna.

 

Masjid Kampus UGM

Masjid Kampus UGM memiliki desain yang unik dan modern. Masjid ini dibangun di atas tanah bekas pemakaman Tionghoa dan memiliki kolam dengan air mancur yang mirip Taj Mahal di India. Masjid ini menjadi tempat ibadah bagi sivitas akademika UGM dan masyarakat umum.

 

Kelima masjid di atas merupakan contoh masjid di Jogja yang memiliki kemegahan dan keunikan tersendiri. Masjid-masjid ini tak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjadi destinasi wisata religi yang menarik untuk dikunjungi.

Jika anda ingin pindahan, kunjungi website kami di pilartransport.com atau hubungi customer service kami di 0811 2585 820 untuk informasi lebih lanjut dan memesan layanan pindahan Anda.

Kelebihan tinggal di apartemen The Springlake View Kota Bekasi

 

@pilartransport

Terpesona dengan kemegahan spiritual di 5 masjid megah ini! 🕌✨ Dari arsitektur yang memukau hingga atmosfer yang penuh ketenangan, setiap sudut adalah kisah keindahan dan keagungan. SpiritualSplendor ArchitecturalWonders MosqueMarvels fyp jasapindahan

♬ suara asli – Pilar Transport – Pilar Transport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *