Menyingkap Pesona Tersembunyi Alun-Alun Tugu: Perpaduan Sejarah dan Modernitas

Menyingkap Pesona Tersembunyi Alun-Alun Tugu: Perpaduan Sejarah dan Modernitas

Menyingkap Pesona Tersembunyi Alun-Alun Tugu: Perpaduan Sejarah dan Modernitas

Menyingkap Pesona Tersembunyi Alun-Alun Tugu: Perpaduan Sejarah dan Modernitas

Menjelajahi Keindahan dan Makna di Balik Tiga Batu Bersejarah

Alun-Alun Tugu Kota Malang, yang baru saja selesai direvitalisasi, tak hanya memanjakan mata dengan tamannya yang indah dan modern. Di balik pesonanya yang baru, alun-alun ini menyimpan tiga batu andesit bersejarah yang menjembatani masa lalu dan masa kini.

 

Batu Peninggalan Belanda dengan Makna Mendalam

Tiga batu berukir dengan tulisan “Malang in Memory of”, “Oosterhuis Bapak Tonko”, dan “Johan Jan” ini merupakan peninggalan Belanda yang diletakkan di alun-alun pada tahun 2016. Batu-batu ini bukan sekadar dekorasi, tapi memiliki makna sejarah yang erat kaitannya dengan Kota Malang.

 

Simbol Sumbu Imajiner Kota Malang

Menurut pemerhati sejarah, Tjahjana Indra Kusuma, batu-batu ini melambangkan sumbu imajiner Kota Malang. Dari balkon Balai Kota Malang, pengunjung dapat melihat deretan tugu yang mengarah ke Jalan Suropati, mencerminkan tata ruang kota yang dirancang secara cermat.

 

Kisah Keluarga Oosterhuis dan Hubungannya dengan Kota Malang

Batu-batu ini juga dihubungkan dengan kisah keluarga Tonko Oosterhuis, Yohan Oosterhuis, dan Yan Oosterhuis. Keluarga ini memiliki hubungan emosional yang kuat dengan Kota Malang, dan salah satu anggotanya, Johan, gugur di Lapas Lowokwaru pada masa penjajahan Jepang.

 

Penghormatan dan Kenangan yang Diukir di Batu

Keberadaan batu-batu ini merupakan bentuk penghormatan dan kenangan bagi keluarga Oosterhuis dan kontribusi mereka di Kota Malang. Ukiran nama dan tanggal pada batu menjadi bukti sejarah yang tak ternilai.

 

Perpaduan Sejarah dan Modernitas: Pesona Alun-Alun Tugu yang Unik

Revitalisasi Alun-Alun Tugu telah berhasil memadukan unsur sejarah dan modernitas dengan apik. Keindahan taman yang modern berpadu dengan batu-batu bersejarah, menciptakan suasana yang unik dan menarik bagi para pengunjung.

 

Alun-Alun Tugu bukan hanya tempat bersantai dan menikmati keindahan alam, tetapi juga ruang publik yang menyimpan nilai sejarah dan budaya. Keberadaan tiga batu bersejarah ini menjadi pengingat bagi generasi penerus tentang masa lalu Kota Malang dan hubungannya dengan keluarga Oosterhuis.

Jika anda ingin pindahan, kunjungi website kami di pilartransport.com atau hubungi customer service kami di 0811 2585 820 untuk informasi lebih lanjut dan memesan layanan pindahan Anda.

Kelebihan tinggal di apartemen The Springlake View Kota Bekasi

 

@pilartransport

3 Lokasi Terbaik, Terjebak dalam pesona Bali dengan 3 lokasi terbaik ini! 🌴✨ Mulai dari keajaiban pantai di Uluwatu, hingga kesejukan hutan di Tegallalang, sambut petualanganmu! #BaliAdventure#IslandExplorer#HiddenGems#fyp#jasapindahan

♬ suara asli – Pilar Transport – Pilar Transport

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *