Sejarah dan Keunikan Kebun Raya Bogor

Sejarah dan Keunikan Kebun Raya Bogor

Sejarah dan Keunikan Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor, atau dikenal sebagai Kebun Botani Bogor, adalah sebuah kebun botani besar yang menjadi pusat penelitian dan keindahan alam di Kota Bogor, Indonesia. Dikelola oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), kebun ini memiliki sejarah panjang dan keunikan yang membuatnya menjadi salah satu destinasi terkemuka di Asia Tenggara.

Lokasi yang kini menjadi Kebun Raya Bogor awalnya merupakan bagian dari “samida” atau hutan buatan yang dibuat pada masa Sri Baduga Maharaja. Hutan ini bertujuan melindungi bibit pohon langka. Setelah runtuhnya Kerajaan Sunda pada abad ke-16, hutan ini terbengkalai.

Pada tahun 1811, Thomas Stamford Raffles, yang saat itu menjadi Letnan-Gubernur Jawa di bawah kekuasaan Britania Raya, mengambil inisiatif untuk mengembangkan halaman Istana Buitenzorg (sekarang Istana Bogor) menjadi taman bergaya Inggris. Inilah awal mula transformasi kebun ini menjadi Kebun Raya Bogor.

Diresmikan dan Berkembang Pesat

Pada tahun 1817, Kebun Raya Bogor resmi didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda dengan nama ‘s Lands Plantentuin te Buitenzorg. Di bawah kepemimpinan ahli botani seperti Reinwardt, Blume, Teijsmann, dan Treub, kebun ini berkembang pesat. Mereka mengumpulkan tanaman dari seluruh Nusantara, menjadikan Bogor pusat pengembangan pertanian dan hortikultura di Indonesia.

Pusat Penelitian Utama

Kebun Raya Bogor selalu berperan sebagai pusat penelitian utama dalam bidang pertanian, hortikultura, dan ilmu pengetahuan alam. Beberapa institusi ilmu pengetahuan lahir dari keberadaannya, seperti Herbarium Bogoriense, Kebun Raya Cibodas, dan Museum Zoologi Bogor.

Nama dan Pengelolaan

Selama sejarahnya, kebun ini memiliki beberapa nama dan julukan, termasuk ‘s Lands Plantentuin, Botanical Garden of Buitenzorg, dan Botanical Garden of Indonesia. Pada tanggal 30 Mei 1868, Kebun Raya Bogor secara resmi terpisah dari pengelolaan halaman Istana Bogor.

Keunikan dan Pusat Koleksi

Kebun Raya Bogor terkenal dengan keunikan koleksi tanaman dan pohonnya. Dengan luas mencapai 87 hektar, kebun ini memiliki lebih dari 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Letak geografis Bogor yang berhujan sepanjang tahun menjadikan kebun ini sebagai tempat ideal untuk budidaya tanaman tropis.

Sebagai kebun botani tertua di Asia Tenggara, Kebun Raya Bogor bukan hanya menjadi warisan sejarah, tetapi juga menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi. Dengan perpaduan antara keindahan alam, koleksi tanaman yang kaya, dan peran sebagai pusat penelitian, kebun ini terus memberikan kontribusi besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan alam dan keindahan alam di Indonesia. Jadi, kunjungilah Kebun Raya Bogor untuk merasakan pesonanya yang tiada duanya.

Jika anda ingin pindahan, kunjungi website kami di pilartransport.com atau hubungi customer service kami di 0811 2585 820 untuk informasi lebih lanjut dan memesan layanan pindahan Anda.

Kelebihan tinggal di apartemen The Springlake View Kota Bekasi

Simak juga Video di Bawah ini

@pilartransport

Tersembunyi di Bogor, Kebun Raya yang penuh sejarah dan keunikan!! Jelajahi keindahan alam dan cerita menarik di baliknya. #KebunRayaBogor #SejarahDanKeunikan #FYP #bogorhits #jasapindahan

♬ suara asli – Pilar Transport – Pilar Transport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *