Seluk Beluk Pusat Grosir Pasar Besar Malang

Seluk Beluk Pusat Grosir Pasar Besar Malang

Seluk Beluk Pasar Besar Malang: Pusat Grosir dan Jantung Ekonomi Kota

Seluk Beluk Pusat Grosir Pasar Besar Malang

Pasar Besar Malang merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Malang yang telah berdiri sejak zaman kolonial Belanda. Pasar 4 lantai ini terletak di Jalan Pasar Besar, Kota Malang, dan menjadi pusat grosir kebutuhan primer bagi masyarakat Malang dan sekitarnya.

 

Sejarah

Awalnya, Pasar Besar Malang dikelola oleh pihak swasta. Pada tahun 1914, Pemerintah Kota Malang mengambil alih pengelolaannya dan membangun kembali pasar ini pada tahun 1919. Karena lokasinya yang dekat dengan Pecinan, pasar ini dulu dikenal sebagai Pasar Pecinan.

Pemerintah sempat berniat membangun pasar di wilayah Pasar Burung Splendid, namun lokasi tersebut dianggap kurang cocok. Akhirnya, mereka memilih wilayah Pecinan dan mendapat sambutan positif dari masyarakat Arab dan Tionghoa di sana.

Sejak tahun 1914, pasar ini dikelola oleh Pemerintah Kota Malang. Tingginya minat pedagang dan pajak yang besar mendorong pembangunan kembali pasar ini dengan konsep yang lebih modern pada tahun 1919. Pembangunannya memakan waktu lima tahun dan selesai pada tahun 1924.

Namun, perluasan pasar ini masih belum mampu menampung seluruh pedagang. Pada tahun 1932-1934, Pemerintah Kota Malang membangun pasar-pasar lain di Bunul, Kebalen, Oro-Oro Dowo, Embong Brantas, dan Lowokwaru untuk mengurangi jumlah pedagang di Pasar Besar Malang.

Pada tahun 1935, dilakukan perbaikan sarana dan penataan ulang los-los di pasar. Kebersihan pasar juga menjadi perhatian utama, terutama di area penjual ikan dan daging.

Pada tahun 1937, dibangun stasiun bus dan oplet di belakang pasar untuk memperlancar akses. Pada tahun 1941, pasar dilengkapi dengan tempat penitipan sepeda dan MCK bagi pengunjung.

Pasar ini mengalami beberapa kali renovasi, yaitu pada tahun 1938, 1973, dan 1990. Renovasi besar-besaran dilakukan setelah kebakaran besar di sisi timur pasar pada tahun 1985.

Pasca kebakaran, bentuk pasar berubah menjadi bangunan bertingkat empat. Lantai 1 dan 2 digunakan untuk pasar tradisional, lantai 3 untuk Matahari Department Store, dan lantai 4 untuk Pusat Grosir Matahari.

Pada tahun 2003, terjadi kebakaran besar lagi di lantai 3 Matahari Department Store. Renovasi kembali dilakukan, namun bentuk bangunan pasar tetap seperti sekarang.

 

Penataan Pasar

  • Lantai 1 dan 2: Pasar tradisional
  • Lantai 3: Matahari Department Store, Timezone
  • Lantai 4: Pusat Grosir Matahari, Food Court

Fasilitas

  • MCK
  • Area parkir
  • Food court
  • Kantor pasar
  • Musholla

 

Pasar Besar Malang merupakan pasar tradisional yang memiliki sejarah panjang dan peran penting dalam ekonomi Kota Malang. Pasar ini menawarkan berbagai macam kebutuhan primer dengan harga yang terjangkau dan menjadi tempat favorit bagi masyarakat untuk berbelanja.

 

Tips

  • Gunakan pakaian yang nyaman dan sopan saat berkunjung ke pasar.
  • Bawalah uang tunai secukupnya untuk berbelanja.
  • Tawar menawar harga adalah hal yang wajar di pasar tradisional.
  • Jagalah barang bawaan Anda dengan hati-hati.
  • Pasar Besar Malang merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi dan merasakan denyut nadi ekonomi Kota Malang.

Jika anda ingin pindahan, kunjungi website kami di pilartransport.com atau hubungi customer service kami di 0811 2585 820 untuk informasi lebih lanjut dan memesan layanan pindahan Anda.

Kelebihan tinggal di apartemen The Springlake View Kota Bekasi

@pilartransport

Menjelajahi Keindahan, Terbenam dalam pesona kota Semarang yang memikat hati! 🏙️✨ Menjelajahi setiap jalan, setiap sudut, dan setiap cerita yang membuat kota ini begitu istimewa. #ExploreSemarang#CityCharm#DiscoverLocal#resolusi2024#fypシ#xyzbca#jasapindahan

♬ suara asli – Pilar Transport – Pilar Transport

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *