Tempat-tempat Ibadah di Kota Bekasi

Memajukan Kerukunan Umat Beragama: Pembangunan Kompleks Tempat Ibadah Multireligi di Kota Bekasi

 

 

Tempat-tempat Ibadah di Kota Bekasi

Kota Bekasi, sebagai bagian dari kawasan metropolitan Jabodetabek, terus mengalami perkembangan pesat dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Salah satu perguruan tinggi yang menjadi pilihan unggulan adalah Universitas Gunadarma, yang memiliki sejarah panjang dan prestasi yang mengesankan. Dengan beragam jurusan unggulan, universitas ini menjelma menjadi pusat pendidikan tinggi yang dinamis di Bekasi.

Membangun Keberagaman dengan Gotong Royong

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, berkolaborasi dalam semangat gotong royong untuk membangun enam tempat ibadah dalam satu kompleks. Langkah ini bertujuan mendukung kegiatan wisata religi di wilayah tersebut. Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan, berharap kompleks ini menjadi pemandangan indah yang merepresentasikan keberagaman masyarakat Kabupaten Bekasi.

Kompleks Tempat Ibadah Multikonfesional

Dalam kompleks seluas 12.525 meter persegi di Kawasan Jababeka, Kecamatan Cikarang Utara, rencananya akan dibangun masjid, gereja Katolik, gereja Protestan, vihara, pura, dan klenteng secara bersamaan. Proyek ini diharapkan memberikan kontribusi positif bagi warga, serta menjadi kawasan wisata religi yang menarik.

Langkah Awal Pembangunan

Dani menyampaikan bahwa pembangunan kompleks tempat ibadah telah dimulai, ditandai dengan peletakan batu pertama pada 15 Agustus 2022. Pembangunan ini menjadi hasil inisiasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bekasi yang bekerja sama dengan manajemen Jababeka.

Kontribusi FKUB dalam Inisiasi

FKUB Kabupaten Bekasi memainkan peran kunci dalam inisiasi pembangunan ini sejak 2019. Dengan dialog bersama manajemen Jababeka, mereka merumuskan konsep kawasan wisata religi yang akhirnya mendapatkan dukungan dari Korem 051 Wijayakarta.

Fasilitas Sosial untuk Kompleks Tempat Ibadah

Kompleks tempat ibadah dibangun di fasilitas sosial seluas 12.525 meter persegi milik Jababeka. Kesepakatan sebelumnya menetapkan bahwa lahan tersebut akan digunakan untuk Sekretariat FKUB dan enam tempat ibadah berbeda, dengan luas masing-masing 2.000 meter persegi.

Sinergi dengan Pemerintah Daerah

Jababeka akan menyerahkan lahan tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi, yang selanjutnya akan merencanakan secara terperinci kompleks tempat ibadah melalui Detail Engineering Design (DED). Pembangunan sekretariat FKUB dan tempat ibadah akan dilakukan bersamaan, dengan perwakilan agama masing-masing bertanggung jawab atas pembangunan tempat ibadah mereka.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan kompleks tempat ibadah ini tidak hanya menjadi pusat kegiatan keagamaan, tetapi juga destinasi wisata yang mendorong toleransi dan harmoni antarumat beragama di Kota Bekasi.

Jika anda ingin pindahan, kunjungi website kami di pilartransport.com atau hubungi customer service kami di 0811 2585 820 untuk informasi lebih lanjut dan memesan layanan pindahan Anda.

Kelebihan tinggal di apartemen The Springlake View Kota Bekasi

Simak juga video di bawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *